Bogor Gelar Festival Kurma

Bogor Gelar Festival Kurma Untuk pertama kalinya Kota Bogor menggelar festival buah kurma, yang mengenalkan cara budidaya dan cara mengolah buah kurma kepada masyarakat luas.

Festival kurma ini diadakan di Botani Square pada tanggal 8-14 Januari 2018, yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor Annas S Rasmana.

“Diharapkan masyarakat dapat mengenal dan terdorong untuk menanam kurma melalui kegiatan festival kurma ini,” kata Annas.

Festival kurma diselenggarakan oleh PT. Kampoeng Kurma, salah satu tujuan diadakannya festival adalah untuk memasyarakatkan budi daya tanaman kurma kepada masyarakat Bogor.

Manager Operasional PT. Kampoeng Kurma Suwardi Tanu mengatakan kurma merupakan tumbuhan asal Timur tengah, juga bisa di tanam di Indonesia.

“Kebanyakan pohon kurma yang ditanam warga Indonesia tidak berbuah karena pengetahuan tentang penanaman kurma masih kurang,” kata Suwardi.

Menurutnya minimnya pengetahuan tersebut menjadi justifikasi umum bahwa pohon kurma tidak bisa berbuah di Indonesia.

“Jika kita memmiliki pengetahuan tata cara menanam dan merawat pohon kurma, maka dalam waktu tertentu dapat memanen buahnya,” lanjut Suwardi.

Berbagai kuliner olahan dari Buah Kurma dipamerkan di Botani Square Kota Bogor hingga sepekan. Selain Buah Kurma, aneka kudapan seperti Kue Lapis Kurma, Selai Kurma, minuman Jus Kurma hingga Kopi Kurma pun dipamerkan dalam Festival Kurma pertama di tanah air ini.

Festival Kurma ini rupanya menarik perhatian para pengunjung. Beberapa diantaranya bahkan antusias untuk mencicipi berbagai rasa minuman Kurma yang konon bisa menyehatkan tubuh. Festival kurma digelar untuk mengedukasi masyarakat tentang manfaat buah Kurma sekaligus mengajak masyarakat menanam buah Kurma yang ternyata bisa tumbuh di iklim tropis seperti di Indonesia.

Setelah mendapatkan pengetahuan tentang Kurma, diharapkan masyarakat Indonesia bisa menjadi produsen buah Kurma terbesar di dunia karena  begitu luas lahan yang subur di tanah air.

Baca juga :
Informasi Tentang Kebun Raya Bogor
Profil Investasi Bidang Industri dan Perdagangan
Potensi Usaha di Kota Bogor