Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang adalah sebuah objek wisata alam yang berada di Kota Bogor, yang memiliki pemandangan alam yang asri dan unik. Goa Agung Garunggang Bogor merupakan kawasan wisata yang masih sangat alami. Selain alami tempat ini juga masih cukup sepi karena letaknya cukup tersembunyi. Goa ini disebut juga dengan nama Goa Agung Garunggang Geopark Sentul Bogor.

Gua Agung Garunggang, kawasan ini kurang lebih seluas 6.000 sd 7.000 m2 dan merupakan kawasan geopark atau warisan geologi yang sangat unik. Kalau dilihat dari alur2 yang ada di batu, seperti terkikis oleh aliran air

Untuk dapat menuju ke lokasi goa terbilang cukup sulit. Bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi untuk menggunakan kendaraa nroda dua saja karena jalan menuju Goa Agung Garunggan ini hanya dapat dilewati oleh kendaraan roda dua. Jika menggunakan kendaraan roda empat, maka harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dari tempat parkir menuju ke tempat tiket kurang lebih sekitar 1,5 kilometer kemudian dari tempat tiket ke Goa Agung Garunggang sekitar 2 kilometer.

Pesona
Di dalam goa yang terbilang cukup sempit dan gelap ini, konon merupakan jalur air dan merupakan rangkaian goa yang saling terhubung satu sama lain hingga ke Tasik. Menelusuri goa ini tidak membutuhkan waktu yang lama karena pada bagian ujung goa terdapat celah sempit yang memang jarang dijamah atau ditelusuri.

Menurut cerita di dalam celah tersebut lokasinya cukup berbahaya, sehingga para pengunjung disarankan untuk tidak memasuki celah sempit tersebut. Tidak hanya bebatuan, goa, dan kolam pemandian alami, di kawasan wisata alam ini juga terdapat beberapa spot keren dan unik yang wajib anda kunjungi yaitu, air terjun mini, labirin-labirin mini, serta berbagai macam bentuk bebatuan yang sangat unik yang tentunya dapat mempercantik keindahan destinasi wisata ini.

Di lokasi ini terdapat Batu Gantung dan sebuah kolam pemandian yang terbentuk secara alami. Hanya saja areal Batu Gantung belum bisa dikunjungi karena banyaknya tumbuhan liar yang belum dipangkas dan dapat membahayakan jika terperosok jatuh ke jurang karena medan yang sangat licin.