Informasi Tentang Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor terletak di pusat Kota Bogor, Jawa Barat. Pada awalnya, Kebun Raya Bogor ini merupakan hutan buatan / taman buatan yang tercatat sudah di bangun sejak masa pemerintahan Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi), dari Kerajaan Sunda. Hal tersebut ada di dalam prasasti Batutulis. Hutan buatan ini bertujuan untuk menjaga lingkungan hijau serta untuk melestarikan benih kayu yang langka. Selain di Kebun Raya Bogor, ada juga beberapa hutan buatan lainnya di sekitar perbatasan Cianjur dengan Bogor dan dikenal dengan nama Hutan Ciung Wanara.

Lalu hutan ini dibiarkan begitu saja setelah Kerajaan Sunda talkluk dari Kesultanan Banten, kemudian setelah itu Gubernur Jenderal van der Capellen membuat sebuah rumah untuk beristirahan di sudut hutan tersebut sekitar pertengahan abad ke-18.

Selanjutnya pada tahun 1800-an, Gubernur Jenderak Thomas Stamford Raffles mendiami Istana Bogor dan sangat menyukai kegiatan Botani dan memiliki keinginan untuk membuat Istana Bogor agar menjadi sebuah kebun yang canti dengan berbagai macam jenis tanaman yang tumbuh disana. Kemudian setelah itu, didatangkanlah ahli botani yang bernama W. Kent mencoba mendesign istana bogor menjadi sebuah taman bergaya Inggris klasik. Hingga sampai saat ini bentuk kebun raya bogor tersebut.

Kebun Raya Bogor ini memiliki alur sejarah yang sangat tinggi, tempatnya yang nyaman dan kesejukan yang diberikan dari cuaca disana serta keasriannya membuat banyak wisatawan asing yang ingin berkunjung untuk menikmati hal tersebut. Karena uniknya adalah ada suasana hutan yang terdapat didalam kota.

Alamat Kebun Raya Bogor :

Jln. Ir. Haji Juanda No.13, 16122, Indonesia
Telp. (0251) – 8322187

Jam Buka Kebun Raya Bogor :

Kebun : 08.00 – 17.00
Kantor : 07.00 – 15.30
Informasi : 08.00 – 16.00
Perpustakaan : 08.00 – 15.00 *
Rumah Kaca Anggrek : 08.00 – 15.30
Toko Tanaman & Cinderamata : 08.00 – 15.30
Cafe De’daunan : 08.00 – 21.00
Museum Zoologi : 08.00 – 17.00

* Khusus hari Jumat (08.00 – 16.00) Sabtu – Minggu dan hari libur tutup

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor :

Sejak tahun 2008 lalu, harga tiket masuk untuk Kebun Raya Bogor ini sudah menjadi satu dengan pembelian tiket masuk ke Museum Zoologi Bogor. Dengan anda membeli satu tiket saja, anda sudah dapat masuk kedalam Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi Bogor.

Cara sampai ke Kebun Raya Bogor :

Jika anda berada di Stasiun Kota Bogor, anda dapat naik mobil angkutan umum kota nomor 02 dengan jurusan Merdeka – Sukasari, dan nantinya bilang saja sama supirnya untuk berhenti di Kebun Raya Bogor. Anda akan langsung dapat melihat pintu utama dari Kebun Raya Bogor.

Jika anda berada di Baranangsiang Bogor, anda dapat naik mobil angkutan umum kota nomor 09 dengan jurusan ke Warung Jambu – Sukasari. Anda dapat bilang kepada supirnya untuk berhenti di depan pintu Kebun Raya Bogor.

You May Also Like