Penangkaran Rusa Giri Jaya

Penangkaran Rusa Giri Jaya

Penangkaran Rusa Giri Jaya

Penangkaran Rusa Giri Jaya merupakan sebuah tempat penangkaran rusa yang dikelola oleh Perhutani sebagai kawasan wisata yang menarik dan sekaligus mendidik.

Lokasi
Beralamat di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor.

Rute dan Akses
Jalan masuk ke lokasi penangkaran melewati jembatan gantung sepanjang sekitar 30 meter, yang membentang diatas sungai Cibeet yang berair keruh dengan serakan bebatuan kali yang cukup banyak dengan ukuran yang beragam dibawahnya.

Siang hari disini cukup panas dan lembab, mungkin dikarenakan letaknya yang berada di tengah-tengah lembahan, diantara perbukitan yang tersebar di kawasan Jonggol. Untuk menuju ke lokasi penangkaran pun cukup mudah, karena jalan selebar 1.5 meter yang menghampar, tertata dengan baik.

Daya Tarik
Taman penangkaran rusa ini menyediakan berbagai jenis rusa mulai dari rusa totol, rusa timor dan rusa bawean. Kebanyakan rusa diambil langsung dari Pulau Jawa – Bali.

Selain dapat menyaksikan tingkah lucu rusa yang ada disana, pengunjung juga akan dimanjakan dengan sejumlah pemandangan asri disekitar padang rumput yang luas. Pemandangan yang hijau layaknya kawasan hutan seakan menjadi satu kenyamanan ketika berada disana.

Tak hanya itu saja, pengunjung akan melewati lorong panjang dan jembatan gantung sekitar 500 meter sebelum masuk padang rumput. Disekitar tempat ini dapat menjadi spot terbaik untuk berfoto ataupun menikmati keindahan yang begitu mempesona dengan udaranya yang sejuk dan lembab.

Rusa-rusa dipenangkaran yang ditumbuhi kombinasi pepohonan pinus dan semak belukar ini makan dengan cukup teratur, yaitu 3 kali sehari. Dipagi hari, mereka makan rerumputan yang tumbuh disekitar penangkaran. Siang harinya, ubi jalar. Dan dedak untuk makan malam. Dengan jumlah rusa sekitar 70-an ekor yang di tangkarkan, kebutuhan makan mereka mencapai 25 karung rumput per-hari. Serta ubi jalar dan dedak sebanyak, masing-masing, 60 kilogram per-harinya. Sebenarnya rusa memakan buah apa saja, asalkan manis. Pisang, mangga, alpukat, dan wortel juga bisa dijadikan sebagai panganan alternatif bagi rusa-rusa ini

Fasilitas
Berbagai fasilitas penunjang seperti area parkir, mushola, toilet umum, warung makan dan snack sederhana, taman bermain keluarga, area outbound dan lainnya.

Meskipun sejumlah fasilitas wisata sudah terbilang lengkap, namun sayangnya fasilitas seperti tempat parkir belum terbilang memadai. Area parkir yang masih berupa tanah ini akan sedikit mengurangi kenyamanan pengunjung terutama saat musim hujan tiba.

Harga Tiket Masuk
Harga tiket masuk Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Jawa Barat cukup murah yaitu hanya Rp 8.000/orang. Namun untuk kamu yang ingin memberi makan hewan rusa, maka disana juga disediakan berbagai sayur dan buah-buahan dengan harga rata-rata Rp 5.000. Selain itu ada tambahan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat.