Pesona Curug Cibaliung

Pesona Curug Cibaliung

Pesona Curug Cibaliung

Curug Cibaliung merupakan salah satu wisata air terjun yang ada di Kabupaten Bogor yang sangat indah dan asri.

Curug ini berada dalam satu kawasan dengan curug leuwi hejo sehingga sering disebut curug Leuwi Cibaliung Bogor atau curug Baliung. Keindahan curug yang mempesona banyak diburu oleh wisatawan terutama pecinta alam baik dari dalam maupun luar kota. Selain menawarkan keindahan curug yang masih sangat alami, air terjunnya pun sangat jernih sehingga sangat menyenangkan untuk mandi atau bermain air.

Kedalaman curug Cibaliung ini sekitar 7 meter. Udaranya masih sangat segar karena disekeliling curug terdapat banyak pepohonan yang subur dan rindang. Air di curug ini pun berasal dari mata air alami. Sehingga sangat jernih dan sangat segar untuk digunakan mandi dan berendam. Keberadaan bebatuan yang ada di curug turut menjaga kejernihan airnya. Selain itu anda bisa merasakan sensasi seperti sedang dipijat di bawah derasnya air terjun. Anda juga bisa mengambil foto dengan background pemandangan alam yang luar biasa.

Rute dan Akses
Untuk sampai ke lokasi curug ini, dari pusat kota Bogor anda harus menuju ke Sentul kemudian ke kecamatan Babakan madang. Setelah itu menuju kawasan curug Leuwi hejo karena lokasi curug tersebut berada di sebelah curug Cibaliung. Sampai disana anda akan menemukan petunjuk jalan untuk sampai ke kawasan wisata. Setibanya di kawasan dan memarkirkan kendaraan, anda masih perlu melakukan trekking selama kurang lebih 1,5 jam. Selanjutnya anda akan menyusuri sungai sekitar 20 menit.

Pesona
Air terjun nya tidak telalu tinggi namun deras dan jernih. Sungai tempat bermuara nya air berwarna hijau toska dan lebih terlihat jelas pada saat musim panas. Menyusuri sungai nya merupakan keistimewaan tersendiri.

Selain kejernihan airnya, bebatuan raksasa di sekelilingnya di sepanjang mata memandang menimbulkan sensasi tersendiri, membuat kita lupa bahwa kita berada tidak jauh dari kota Jakarta.

Disarankan untuk tidak mengunjungi tempat ini pada saat musim penghujan, dikarenakan area trekking sangat licin sehingga resiko terjatuh cukup tinggi, juga antisipasi terhadap datangnya banjir bandang.

Harga Tiket Masuk
Anda harus mengeluarkan biaya sebesar 15.000 rupiah untuk harga tiket masuk kawasan ini, dan Rp.5.000,00 untuk biaya parkir. Kemudian Anda akan dikenakan biaya lagi untuk masuk ke kawasan Curug Cibaliung sebagai biaya retribusi sebesar 5.000 rupiah.