Syarat pendakian baru untuk Gunung Gede Pangrango

Syarat pendakian baru untuk Gunung Gede Pangrango

Syarat pendakian baru untuk Gunung Gede Pangrango

Banyaknya minat pendaki untuk menaklukkan Gunung Gede Pangrango semakin banyak, termasuk dari luar kota. Namun semakin banyak pula kejadian terutama fisik yang tidak kuat menyebabkan masalah tersendiri. Oleh karena itu Kepala Bidang Teknis Konservasi untuk Balai Besar TNGGP mensyaratkan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) dan Pemeriksaan Kesehatan.

Sebelum mendapatkan Simaksi, pendaki harus melakukan reservasi atau booking online terlebih dahulu, pengambilan Simaksi dapat dilakukan di 3 lokasi sesuai dengan yang tertera di dalam Simaksi.

Ketiga lokasi pengambilan yaitu Pintu Cibodas tetap di Kantor Balai Besar TNGGP, pintu Gunung Putri di kantor Resor Gunung Putri, dan Selabintana di Kantor Bidang Sukabumi di Jalan Perbawati.

Pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan sebelum para wisatawan yang ingin mendaki gunung di masing-masing pintu masuk. Pemeriksaan kesehatan, dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan para pendaki itu sendiri dan juga termasuk keselamatan.

Pemeriksaan kesehatan terkini akan dilakukan dokter bekerja sama dengan koperasi. Pada pelaksanaannya, koperasi menyediakan pos pelayanan kesehatan di setiap pintu masuk.

Dokter yang memeriksa sudah mempunyai standar operasi dalam pemeriksaan bagi para pengunjung karena surat keterangan sehat untuk pendakian gunung ini berbeda dengan pemeriksaan biasa.

Kepala Seksi Pelayanan dan Pemanfaatan TNGGP, Johanes Wiharesno, TNGGP mencatat 10 ribu pendaki sudah mengunjungi Gunung Gede Pangrango hingga awal bulan Mei 2018 .

“Tiap hari, rata-rata 100 pendaki, kalau weekend bisa lebih. Awal April kemarin libur anak SMA ramai. Dari data kami banyaknya usia 25 tahun ke bawah,” ujar Johanes Wiharesno ketika diwawancarai.

Gunung Gede merupakan sebuah gunung yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 – 3.000 m. dpl

Gunung Gede diselimuti oleh hutan pegunungan, yang mencakup zona-zona submontana, montana, hingga ke subalpin di sekitar puncaknya. Hutan pegunungan di kawasan ini merupakan salah satu yang paling kaya jenis flora di Indonesia, bahkan di kawasan Malesia.

You May Also Like