Taman safari Indonesia

Taman safari Indonesia

Taman safari Indonesia

Taman safari Indonesia merupakan tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Taman Safari Indonesia terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Taman ini berfungsi menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di ketinggian 900-1800 m di atas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 16 – 24 derajat Celsius.

Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menjadi salah satu objek wisata tujuan pelancong selama libur Lebaran.

Sejarah Singkat
Jansen Manansang adalah Pemilik sekaligus Direktur Utama PT. Taman Safari Indonesia. Beliau lahir Tahun 1942 dan menamatkan kuliah dengan gelar Master Biologi. Ayahnya, Hadi Manansang, adalah Kepala Sirkus Oriental Indonesia di era Tahun 1979. Masa kecil Jansen dihabiskan dengan berlatih sirkus.

Tahun 1979, Keluarga Manansang mendirikan penginapan bernama Sari Asih di Cisarua Bogor Jawa Barat. Penginapan ini memiliki taman satwa kecil tempat Ayah Jansen memelihara hewan-hewan sirkus. Seiring berjalannya waktu, tempat ini tidak lagi muat untuk menampung hewan-hewan tersebut. Jansen dan Sang Ayah kemudian membeli lahan bekas perkebunan teh seluas 50 Ha di Tahun 1980 yang kemudian menjadi kebun binatang Taman Safari Indonesia. Tahun 1982, Taman Safari Indonesia mendirikan Elephant Training Center.

Koleksi
Taman Safari memiliki sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka, seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya.

Tak hanya sebagai pusat konservasi satwa, Taman Safari I juga dilengkapi dengan beragam fasilitas. Terdapat wahana rekreasi dilengkapi water park, sepeda layang, gajang terbang, angsa terbang, kincir angin, kereta baby zoo, dan sebagainya. Ada pula Baby Zoo dimana pengunjung dapat menyentuh dan membelai anak harimau dan berfoto dengan harimau, ular ataupun orang utan. Lalu, pengunjung dapat menikmati beragam atrakasi hewan yang sangat menarik dari lumba-lumba, harimau, singa laut dan sebagainya.

Safari Night merupakan wisata Taman Safari yang dapat dinikmati di malam akhir pekan. Pengunjung dapat memilih menginap di area TSI. Dan di akhir Tahun 2017 lalu, TSI I memperkaya daya tariknya dengan menghadirkan sepasang panda dari Cina. Kedua panda ini yaitu Cai Tao dan pasangannya Hu Chun lahir di Tahun 2010. Pemerintah Cina meminjamkan panda-panda tersebut (breeding loan) sebagai bentuk Kerjasama Bilateral antar dua negara tersebut.

Fasilitas
Objek wisata ini memiliki fasilitas umum yang lengkap antara lain:

  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet/MCK
  • Restauran/Warung Makan
  • Wahana
  • Gazebo
  • Taman bermain
  • Kolam renang
  • Photo binatang
  • Pertunjukan hewan
  • dan masih banyak lainnya