Wisata Kawasan Puncak

Puncak salah satu andalan wisata di Kabupaten Bogor. Kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi apalagi bila hari libur atau weekend tiba. Ribuan orang ingin menghabiskan waktu liburannya di kawasan ini bila libur atau weekend tiba. Karena ingin menghabiskan waktu dengan suasana yang berbeda, lepas dari bisingnya kota, rutinitas, stress, ataupun hal lainnya.

Puncak adalah sebuah daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Puncak terletak 70 km sebelah selatan Jakarta. Wilayah Puncak terletak di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango dan sebagian besar merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Daerah ini terkenal sebagai daerah wisata pegunungan baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Puncak selama ini kita kenal sebagai daerah tujuan wisata dari warga Kota Jakarta, yang mencari suasana yang sejuk tidak panas seperti di ibukota. Puncak sendiri menawarkan banyak fasilitas ataupun lokasi yang bisa dikunjungi untuk berwisata. Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan dikawasan ini. Dari yang hanya berjalan-jalan menyusuri indahnya kawasan puncak , seperti melihat perkebunan teh sambil menikmati makanan atau kuliner di kawasan puncak, mengunjungi curug-curug yang ada disana, mengunjungi kebun-kebun wisata atapun mengunjungi lokasi wisata berbayar dikawasan ini.

Kawasan ini menjadi kawasan wisata diawali oleh Presiden Pertama Indonesia yaitu Ir Soekarnao. Dikutip dari wikipedia “Daerah Puncak memiliki kontur alam yang unik. Hampir sebagian besar wilayah ini diselimuti perkebunan teh dengan latar belakang pegunungan. Keindahan alam daerah ini memukau Presiden Soekarno, sehingga ia membangun sebuah restoran untuk menikmati keindahan alam Puncak, yang kemudian diberi nama Restoran Riung Gunung. Selain itu, terdapat juga tempat-tempat rekreasi dan agrowisata yang indah, antara lain Perkebunan Teh Gunung Mas dan Gantole (Paralayang). Di daerah Puncak juga terdapat berbagai tempat wisata menarik di antaranya Taman Safari Indonesia, Taman Bunga Nusantara, Kebun Raya Cibodas, Telaga Warna, Taman Wisata Matahari[1] dan terdapat sebuah masjid yang indah dengan arsitektur yang khas dan sederhana yaitu Masjid Atta’awun. Di daerah ini juga terdapat banyak sekali villa dan hotel yang dimiliki oleh investor dan warga sekitar untuk tempat beristirahatnya pengunjung”.

Wisata di Kawasan Puncak:
– Wisata Desa Kampung Bambu
– Wisata Agro Kapol di Desa Pasir Jaya
– Taman Rekreasi Lido di Desa Wates Jaya
– Konservasi Alam Bodogol di Cigombong
– Kota Bunga (sebuah kawasan villa tematik)
– Wisata Citamiang (Wisata Outbond/wisata alam)
– Agro Wisata Gunung Mas
– Taman Nasional Gede Pangrango
– Kebun Wisata Inkarla- Curug Panjang
– Taman Wisata Matahari
– Taman Riung Gunung
– Curug Cilember
– Telaga Warna
– Desa Wisata Pancawati
– Curug Kembar
– Taman Safari
– Puncak Pass Resort
– Istana Kepresidenan Cipanas
– Kebun Raya Cibodas
– Bukit Gantole
– Taman Bunga

You May Also Like